315 views
Published On: Rab, Feb 22nd, 2017

Dampak dari Banjir Jakarta Membuat Produktivitas Ekonomi Turun

354722_pengumuman-kabinet-kadin-2015-2020_663_382

JAKARTA, WK – Sejumlah ruas jalan Ibu Kota sejak subuh hingga siang tadi, Selasa 21 Februari 2017 diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Akibatnya, ada 51 titik tergenang banjir di beberapa daerah di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Rosan Perkasa Roeslani mengungkapkan, banjir yang menyerang sejumlah kawasan Ibu Kota pada hari ini memang menyebabkan kerugian, terutama bagi para pengusaha yang bergerak di sektor riil.

“Kalau ada banjir, dan terjadinya di daerah padat pusat perbelanjaan, tentu ada dampaknya. Banjir, bagaimana mau dagang,” jelas Rosan, saat ditemui di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta.

Rosan pun menceritakan, banjir di sejumlah ruas jalan Ibu Kota pada hari ini menyebabkan sejumlah karyawan di perusahaannya tidak masuk kerja seperti biasanya. Dengan ini, artinya kinerja produktivitas perusahaan akan ikut menurun. “Jadi, memang banjir ini memang merugikan,” kata Rosan.

Meskipun mengakui adanya kerugian yang ditimbulkan, Rosan belum mengetahui secara pasti, seberapa besar nilai kerugian yang diterima para pengusaha akibat banjir. Ia berharap, persoalan tersebut bisa ditanggulangi ke depannya.

“Kami belum tahu seberapa besar dampaknya. Belum. Tapi, tentu produktivitas akan terhambat. Ini yang menjadi hambatan,” katanya. [viva]

Komentar