233 views
Published On: Sel, Nov 29th, 2016

Gema Keadilan Karawang Gelar “GEMABUMI”

gk1

KARAWANG, WK – Sebagai upaya untuk memperluas wawasan dan pengetahuan bagi para pengurus beserta jaringannya, Gema Keadilan Kabupaten Karawang luncurkan kegiatan bertajuk Gema Bumi 2016. Acara berupa kajian intensif dan dialog sospolehukam (sosial politik ekonomi hukum dan keamanan).

Asep Ruhyani selaku panitia menuturkan bahwa kajian ini akan dilaksanakan di 3 zona yaitu Karawang Utara, Karawang Selatan, dan Karawang Timur.

“Untuk Karawang Selatan sudah dilaksanakan pekan kemarin, dimana dalam acara tersebut hadir sejumlah pengurus Gema Keadilan serta utusan dari kalangan mahasiswa, pendidik dan aktivis lokal. Tema dialog kita adalah membahas isu-isu strategis yang terjadi di Karawang Selatan seperti masalah lingkungan, pertambangan, potensi alam dan juga kepariwisataan, ” ungkapnya.

“Sedangkan untuk wilayah lainnya seperti di Karawang Utara dan Karawang Timur maka agenda pembahasannya akan berbeda lagi, disesuaikan dengan kondisi mutakhir wilayah tersebut. Kegiatannya sendiri merupakan dialog terbatas karena pokok-pokok dialognya merupakan isu-isu strategis dan detail yang dipandu narasumber dari praktisi atau aktivis yang memang pemain di lapangan,” sambung Asep.

Di tempat yang sama ketua Gema Keadilan Karawang, Sadim Maulana, menambahkan bahwa Gema Bumi adalah sebuah agenda internal yang diharapkan dapat berlangsung diakhir tahun 2016 ini, yang mana tujuan dari kegiatan tersebut adalah supaya masyarakat, khususnya kalangan pemuda dan aktivis, mengenal lebih intens persoalan-persoalan yang terjadi di wilayahnya, termasuk juga penginventarisiran dari berbagai potensi yang memungkinkan untuk dikembangkan ke depannya sebagai upaya membangun daerah.

“Kita sering menemukan teman-teman aktivis ataupun pengurus organisasi yang notabene merupakan seorang agen perubahan, tetapi belum paham dengan perkembangan isu, potensi dan masalah-masalah yang ada di sekitarnya,” tutur Sadim Maulana.

Sementara itu salah seorang perwakilan mahasiswa mengaku sangat terkesan dengan kegiatan Gema Bumi. “Saya ikut acara Gema Bumi zona Karawang Selatan. Ternyata dialognya sangat menarik dan banyak memunculkan data-data dan informasi yang tak terduga dan baru saya ketahui mengenai wilayah Karawang (Selatan),” ujar Riki dari Unsika. [ars, mdj]

Komentar