191 views
Published On: Jum, Feb 24th, 2017

Gina Swara: Jika Memungkinkan, Setuju Cikampek Dimekarkan

ec4cc9ca3766a48a25cdc62d9f4eb2e4_XL

KARAWANG, WK – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Gerindra, Gina Fadlia Swara sepakat jika Kota Cikampek dimekarkan. Hanya saja, perlu dilakukan pengkajian dari segi akademis.

Menurut Gina, tidak mudah untuk melakukan pemekaran wilayah. Sebab memerlukan pengkajian yang mendalam dari berbagai sektor pendukungnya, termasuk soal Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebagai bekal bagi suati wilayah untuk menjadi mandiri.

“Perlu dikaji dulu terkait kesiapan anggaran yaitu PAD-nya, memungkinkan tidak untuk dilakukan pemekaran wilayah. Pada dasarnya saya setuju jika itu memungkinkan untuk dimekarkan. Sekali lagi saya tegaskan perlu adanya tim khusus untuk pengkajian secara ilmiah tentang kesiapan pemerkaran Cikampek,” katanya di acara resesnya di Desa Cirejag Jatisari, Kamis (23/2/2017).

Diketahui, Gina merukapan putri sulung Mantan Bupati Karawang, Ade Swara. Meski gagasan pemekaran Cikampek bukan hal baru, namun Gina disebut-sebut sebagai tokoh yang bisa menguatkan gagasan tersebut. Apalagi selama ini Gina bersebrangan dengan Bupati Karawang saat ini, Cellica Nurrachadiana.

Sebelumnya, Bupati Cellica mengaku setuju ada pemekaran wilayah asal ada rekomendasi dari Kementrian Dalam Negeri RI (Kemendagri). Ia juga menekankan pemekaranan harus dikaji secara matang. Politisi asal Partai Demokrat ini bahkan menegaskan pemekaran buhan hanya soal bagi-bagi anggaran semata.

Sementara Mantan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Deden Darmansyah, justru mengaku akan mendukung  Bupati  Karawang, Cellica Nurrahadiana, untuk menjabat selama dua periode.

Hal tersebut disampaikan Deden menanggapi pernyataan Bupati Cellica soal pemekaran wilayah. Menurutnya, pernyataan orang  nomor satu di Kabupaten Karawang itu sebagai tanda merespon secara politik terjadinya pemekaran Kota Cikampek.

“Kalau Bupati setuju  terhadap pemekaran Kota Cikampek. Saya akan dukung beliau dua periode. Bahkan kalalu mau jadi  gubernur atau wagub juga Insya Allah saya dukung,” ucapnya.

Ia mengatakan, ibarat punya anak sudah  dewasa dan ingin mandiri, maka orang tua yang bijak akan bahagia jika  anaknya ingin mandiri. [tvb]

Komentar