309 views
Published On: Rab, Apr 26th, 2017

JSIT Karawang Terapkan Pendidikan Berkarakter dalam Kurikulumnya

IMG-20170425-WA0059

KARAWANG, WK – Bertempat di hotel Mercure Karawang Barat (Selasa, 25/4/2017), Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) membuat acara Pelantikan Pengurus Baru JSIT periode 2017 -2020 sekaligus mengadakan Seminar Nasional yang bertemakan “Peran Guru SIT dalam Membangun Karakter Islami Siswa di Karawang”. Acara dihadiri oleh kurang lebih 450 Guru guru SIT sekabupaten Karawang beserta Kepala Sekolah, Pengurus Yayasan , dan Komite Sekolah.

Hadir dalam acara tersebut Ketua JSIT Wilayah Jawa Barat Dedi Supriadi, S.Pd dan Ketua Koordinator Daerah II JSIT (Purwakarta, Karawang, Bekasi dan Depok) Yulianto Fajar Wahyudi, M.Pd. Acara di awali dengn tampilan kreatifitas seni dari siswa-siswi Sekolah Islam Terpadu yang tergabung di JSIT, dilanjut dengan sambutan ketua Panitia Drs. Mika Abdurahim.

Dalam sambutannya Mika menyampaikan, “Keberadaan JSIT Kabupaten Karawang bertujuan membantu program pemerintah sesuai dengan program pendidikan nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa,” tuturnya.

“Sebagaimana yang telah dicanangkan pemerintah pada tahun 2010 tentang pendidikan berkarakter, itu semua sudah dan sedang kita (JSIT) lakukan,” lanjutnya.

“Kami berharap program-program JSIT Kabupaten Karawang bisa bersinergi dengan program Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang dan sejalan dengan sambutan KADISDIK Provinsi Jawa Barat, bahwa kedepan SIT akan mendapat perlakuan yang sama dalam hal bantuan dan pelayanan,” harap Mika.

KADISDIK Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Kepala UPTD Karawang Barat, Haji Sugiyadi .M.Pd mengucapkan rasa syukurnya atas peran SIT selama ini dan menyatakan permohonan maafnya karena bantuan untuk SIT belum maksimal dilakuan oleh Pemerintah.

Acara dilanjutkan dengan upacara “Lengseran” sebagai pengantar prosesi pelantikan, dengan melantik Drs. Mika Abdurahim sebagai ketua JSIT berikut pengurus lainnya.

Setelah pelantikan, selanjutnya acara puncak yaitu Seminar yang dipaparkan oleh Ketua JSIT Indonesia DR. Sukro Muhab, M.Si yang berisi tentang Peran Kita sebagai Pendidik SIT yang harus mengembalikan pemahaman tentang Ilmu pengetahuan yang semua sumber utamanya adalah dari Al Qur’an, dàn bagaimana Islam membangun karakter generasi sebelumnya yang berlandaskan Al Qur’an.

Seminar disampaikan secara marathon selama 2 jam. Acara ditutup dengan pemberian cindramata dan pembagian doorprize dari sponsor untuk peserta. [ms,mdj]

Komentar