94 views
Published On: Sen, Des 21st, 2020

KoSa (Kopi Sanggabuana) akan Jadi Ikon Baru Karawang

KARAWANG, WK – Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana yakin kopi asal Sanggabuana bisa menjadi ikon komoditas baru bagi Karawang. Dengan begitu kesejehteraan petani kopi bisa meningkat.

“Ke depan Asosiasi Petani Kopi (Apeki) ini bisa menjadi mitra Pemkab untuk memajukkan produksi Kopi Karawang. Saya yakin Kopi Karawang ini akan jadi ikon baru komoditas Karawang,” ujar Cellica, saat pembentukan Apeki Karawang, Sabtu (19/12/2020).

Cellica berharap, kualitas kopi yang ditanam di Pegunungan Sanggabuana di Selatan Karawang ditingkatkan. Varietas kopi yang ditanam di Karawang saat ini Robusta dan Liberika.

“Kualitas kopi Karawang yang diproduksi jenis Robusta yang terbaik kedua di tingkat Provinsi Jawa Barat,” kata Cellica.

Cellica berharap, bergeliatnya sektor perkebunan, khususnya kopi membawa dampak positif bagi ekonomi Karawang. Terutama peningkatan kesejahteraan bagi para petani kopi.

Hal serupa disampaikan Ketua Apeki Karawang Saepul Riki. Ia bahkan optimistis kopi asal Karawang dapat menembus pasar nasional.

Terbentuknya Apeki di Kabupaten Karawang diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitias produk kopi asli Karawang, serta meningkatkan taraf kesejahteraan petani kopi di Karawang,” kata Saepul Riki, yang juga pendiri Koffie Hideung itu.

Saepul pun berharap adanya dukungan dari pemerintah daerah terhadap para petani, agar mereka dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produk kopi ini.

Kami yakin dukungan itu mampu membuat produk kopi asal Karawang dapat bersaing dengan produk lainnya,” pungkas Saepul. [tim]

Komentar