79 views
Published On: Ming, Des 20th, 2020

TERBUKTI ! Real Count PKS Karawang Cepat, Akurat, Tuntas, Berkualitas

KARAWANG, WK – Setiap perhelatan pemilu dan pilkada, PKS Karawang selalu menyajikan data hitung cepat atau Quick Count (QC) dan Quick Real Count (QRC). Pada Pilkada Karawang 2020 ini ada yang berbeda, karena PKS Karawang menggandeng STAR Institude dalam menyajikan hasil QC dan QRC.

talkshow pilkada

Dibalut dengan acara Talk Show, hitung cepat PKS dihadiri oleh Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera, Gus AHAD sapaan Abdul Hadi Wijaya (anggota FPKS DPRD Provinsi Jawa Barat), Kang Desud (Ketua Umum DPD PKS Karawang), dan CEO STAR Institute Eden Kusnaedi. Juga dihadiri langsung Cabup dan Cawabup nomor 2 Cellica Nurrachadiana dan Aep Syaepuloh, serta para selebgram dan youtuber lokal Karawang.

Hasil QC tersebut bisa langsung dilihat di Channel Youtube PKS Karawang yang saat itu melakukan LIVE Streaming.

Seiring berjalannya  waktu, tahapan Pilkada Serentak Tahun 2020 sudah memasuki babak final, setelah sebelumnya tanggal 9 Desember lalu telah selesai dilaksanakannya pemungutan suara di 4.451 TPS yang tersebar diseluruh wilayah di Karawang.

kpu hasil 1

Selasa, 15 Desember 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang menggelar rapat pleno terbuka yang berlokasi disalah satu hotel di Karawang. Rapat pleno terbuka tersebut dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 24 jam, meskipun hingga dini hari.

Sementara itu, untuk hasil rekapitulasi dari 30 kecamatan, data jumlah surat suara yang diterima, termasuk surat suara cadangan  sebanyak 1 686.765. Untuk jumlah surat suara yang dikembalikan oleh pemilih, karena rusak/keliru coblos, sebanyak 694. Jumlah surat suara yang tidak digunakan/tidak terpakai, termasuk sisa surat suara cadangan, sebanyak 526.409 dan untuk jumlah suara yang digunakan, sebanyak 1.159.662.

kpu hasil

Kemudian data perolehan suara Pasangan Calon (Paslon). Untuk Paslon nomor urut 1, sebanyak 129.547 (11,46%), Paslon nomor urut 2, sebanyak 678.871 (60,05%), dan Paslon nomor urut 3, sebanyak 322.046 (28,49%). Jumlah suara sah 1 130.464, jumlah suara tidak sah 29.198 dan jumlah suara sah dan tidak sah sebanyak 1.159.662.

Hal menarik yang menjadi perhatian kalangan awak media adalah hasil akhir pleno KPU dengan hasil survei, quick count dan real count PKS sebagai salah satu parpol pengusung paslon nomor urut 2, margin errornya hanya kurang dari 1%.

real count final

Di lokasi pleno, saksi sekaligus LO PKS, Wahyu Heriyanto kepada awak media mengatakan, “Margin error internal PKS, baik survei, quick count dan real count kami dengan hasil final KPU tidak sampai 1%. Karena waktu itu, tanggal 9 Desember, sekitar pukul 23 : 59 WIB, aplikasi hitung PKS sudah 100% menghitung suara dari seluruh TPS yang ada di Karawang,” ungkapnya.

“Secara rincinya, waktu itu sudah kami rekap dengan rapih. Quick count PKS pukul 16 : 54 WIB, paslon nomor urut 1 sebesar 10,56%, paslon nomor urut 2 sebesar 59,05% dan paslon nomor urut 3 sebesar 30,39%,” lanjutnya.

“Kemudian, untuk real count PKS pada pukul 23 : 59 WIB, paslon nomor 1 sebanyak 11,43%, paslon nomor 2 sebanyak 60,04%, dan paslon nomor 3 sebanyak  28,53%. Artinya, dari data yang kami miliki dengan hasil akhir melalui pleno KPU, margin errornya kurang dari 1%,” jelas Wahyu.

kpu hasil 2

“Alhamdulillah, hasilnya sangat memuaskan, dari mulai survei, quick count sampai real count PKS dengan hasil final KPU hanya berbeda tipis. Jargon Saksi dan Tim IT PKS di Pilkada Karawang tahun ini adalah Cepat, Akurat, Tuntas, Berkualitas,” paparnya.

Diwaktu berbeda, pemerhati politik dan pemerintahan, Andri Kurniawan ketika diminta pendapatnya perihal ketepatan hasil survei, quick count dan real count PKS, mengungkapkan, “Kan dari tanggal 8 Desember lalu, saya sudah membuat postingan status diakun Facebook pribadi saya, bahwa bicara militansi, loyalitas dan ketelitian data, paslon nomor urut 2 untuk urusan saksi TPS, PPS dan PPK diuntungkan dengan adanya Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Dalam kontestasi pemilu apa pun PKS jagonya urusan ini. Jadi, tidak perlu lagi ada back up atau monitoring lainnya lagi,” ujar Andri.

kpu hasil 3

“Dan terbukti juga kan prediksi saya, karena memang dalam beberapa kali pemilu, PKS sudah dapat membuktikan hal ini. Kader – kader PKS merupakan kader yang memiliki militansi tinggi. Jadi, tidak salah kalau memiliki jargon Cepat, Akurat, Tuntas, Berkualitas. Ya memang faktanya begitu,” pungkasnya.

 

Sumber : http://karawang.pks.id/berita/qc-dan-qrc-pks-karawang-cepat-akurat-tuntas-berkualitas

Komentar